Kamis, 20 Maret 2008

Resensi Album SBY, dalam versiku


Istilah “menulis lagu” betul-betul teraplikasikan dalam album lagu Presiden SBY. Bukan masalah apa-apa, dalam album yang sedikitnya memuat 8 (delapan) lagu itu, SBY betul-betul menulis lagu namun tidak seperti membuat lagu dalam artian yang sebenarnya yakni proses, lanching, rekaman karena memang beliau seorang RI 1.( bukan seperti proses meng-album layaknya musisi sebenarnya ). Album tersebut hampir tidak memiliki materi yang cukup memadai, namun jadilah……untuk seorang Presiden yang memang bukan seniman/ artist.

Dalam pandangan saya, hampir semua lagu memiliki melodi yang konvensional – artinya kita seperti sudah berkali-kali mendengar melodi lagu itu. Seperti pada lagu “Rinduku Padamu”, lirik reffnya nyerempet/ hampir mirip lirik lagu “…..hidupku hanya untukmu……” pada lagu milik Charles Hutagalung. Dan hampir tidak ada ke-khas-an dalam semua lagu. Namun itu bisa terbantahkan musisi asli pun melakukannya juga. Banyak juga lagu yang menjadi hits sekarang juga sangat mirip, semisal lagu terbaru Naff dengan milik Once ciptaan Dewiq, Pay BIP adalah sama pada 3 ketukan pada dua kata yakni "Aku mau...". Belum lagi lagu-lagu yang disambung, diplesetkan oleh Team Lo karena sangking miripnya nada dari lagu-lagu di negeri ini, semisal bait ke-1, "Aaa..ku jatuh cinta padamu...." ( by Ari Lasso) pada baris ke dua-nya diteruskan dengan "Pujaa..an haatiku" ( sebuah lagu lama ).

Pada lagu “….Keberkahan Tuhan” yang dibawakan Ebiet G Ade, kita akan merasa bahwa itu hanya sekedar puisi yang dibacakan dengan diiringi musik. Seperti juga pada lagu “Kawan” yang dibawakan dengan medium beat oleh Kerispatih, saya berpikir, bagaimana jadinya jika lagu itu tidak dibawakan oleh Kerispatih dengan “cara seperti itu”. Melodi lagu hampir semua datar-datar saja, dan tidak ada dinamisasi dalam melodi tersebut atau memang karena pilihan genre lagu balada yang menjadi aliran album ini, sehingga noemal saja jika datar-datar saja seperti yang tersebut barusan?!

Dibalik itu, patut diacungi jempol karena HENING, KASIH AKU PUN RINDU, DENDANG DI MALAM PURNAMA, KAWAN, SELAMAT BERJUANG, MENTARI BERSINAR, dan MENGARUNGI KEBERKAHAN TUHAN, KUASA TUHAN adalah sebuah karya cipta orgi dari seorang RI 1. Ada dua sisi dalam setiap permasalahan, hal ini termasuk dalam cara pandang tersebut. Ada yang kagum, acuh, bahkan ada yang mencela. Sudah penyakit bangsa ini kurang menghargai karya orang lain. Bagaiamana kalau kita merubah pola pikir kita, bahwa segala hal apapun yang positif anak negeri ini patut dihargai.Lagu-lagu diciptakan oleh seorang pemimpin negeri yang mempunyai kesibukan luar biasa bahkan dalam hal kesibukan, B.J Habibie sampai hanya tidur dalam 2 jam sehari semasa menjabat menjadi presiden ke-3 RI.

Intinya, ada tugas lebih mulia bagi beliau. Maksud saya, harga sembako tidak seperti sekarang, listrik lancar murah, tersedia lapangan kerja maka lengkaplah beliau sebagai pemimpin Negara ini. Semoga beliau berpikir untuk mendayagunakan Departemen Pertanian, Bulog mendorong swasembada sembako ( bukan lagi swasemabda beras ), PT PAL membuat kapal perang buat TNI AL, PT INKA memodernisasi kereta api tanpa membeli dari luar negeri, PT DI merancang pesawat sampai memproduksi massal, PT PINDAD memproduksi dan mengambangkan senjata buat alutsista, LIPI, BPPT meriset semua hal yang bermutu bagi rakyat ini! Mari kita do’akan SBY diberi kekuatan untuk ini. Allahumma Amiin.

Andai oleh berandai-andai serta berkhayal, seumpama aku menjadi Gubernur Jawa Timur, maka akan kubuat album ber genre pop rock kesukaanku.

tulisan 4715

1 komentar:

Oentoe_09 mengatakan...

salam kenal thanks atas kunjungnya di blog saya, sebelumnya sorry kalo pertanyaan telat dijawab.
btw cuma pertanyaan satu aja yang bisa di jawab, but nanti kalo dah dapat jawaban untuk pertanyaan ke 2 saya usahakan post secepatnya..
sekali lagi thanks
btw tukeran link ya Mas???

best regards,
Oentoe09

Powered By Blogger

Mengenai Saya

Foto saya
bengkulu, Indonesia, Indonesia
Assalamu'alaikum to all sebelum dari semuanya...tak kenal maka tak sayang. perkenalkan saya punya nick "471 5". apa arti sebuah nama,mawar dengan nama apapun tetap wangi ( shakespiere).