Selasa, 29 April 2008

Kisah sepotong keju


Belajar ikhlas sesi 1

Kisah sepotong keju

Dalam suatu obrolan seorang teman berpesan ”dijaga gizinya, jangan lupa minum susu, eh seafood tuh banyak kandungan kalsium. Ati-ati lho sodaraku bla bla bla” kelanjutan cerita adalah kisah-kisah perempuan yang bermasalah dengan tulang setelah hamil dan punya anak. ya aku tau. aku sudah membaca tentang hal itu. masukan yang bagus dan akan kutingkatkan asupan kalsiumku.
Alhamdulillah ada uang. Segera ku menuju salah satu pusat perbelanjaan dan membeli sepotong keju. seumur hidup ini keju chedar pertama yang kubeli sendiri. bukan berarti sebelumnya aku belum pernah mencoba keju lho...
Beberapa hari kunikmati sepotong kejuku. tiap kali setelah makan kulihat sisa batangannya. Alhamdulillah ini cukup untuk beberapa minggu.
Tapi situasi berubah. ada penghuni baru di rumah. aku memang tidak tinggal di rumah sendiri. orang jawa bilang ”nunut”. ”nunut” tidur ”nunut” makan. Penghuni baru hobi masak dan membuat makanan untuk pemilik rumah dengan kejuku. Ya Allah Gusti... ikhlas harus senantiasa diusahakan. tapi itu kejuku. kalau keju itu habis aku belum tentu bisa membelinya lagi. Ya Allah Gusti... sekarang keju itu tinggal separo sebentar lagi akan habis karena ada hidangan lagi hari ini.
Mereka adalah orang-orang baik, mau menerimaku di rumahnya. Aku berpikir telah menjadi orang jahat karena sepotong keju. Selama ini aku juga boleh memakan apa saja di rumah ini. Tapi aku masih belum bisa menerima.
Hatiku semakin tersayat saat terjadi obrolan ”wah jajannya enak, besok bikin lagi ya mbak! kita masih punya keju kan?” seorang menjawab ”iya kita masih punya banyak”. Keju yang banyak itu punyaku. ah...

Pernah merasa seperti kisah tadi? sebagai renungan bagi kita semua, seberapa sering kita menghitung-hitung amal kita? menimbang setiap pengorbanan yang kita lakukan untuk orang lain? atau juga seberapa kuat kita berbuat baik tanpa membicarakannya?
Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Powered By Blogger

Mengenai Saya

Foto saya
bengkulu, Indonesia, Indonesia
Assalamu'alaikum to all sebelum dari semuanya...tak kenal maka tak sayang. perkenalkan saya punya nick "471 5". apa arti sebuah nama,mawar dengan nama apapun tetap wangi ( shakespiere).